Jumat, 21 Desember 2007

PERLAWATAN PADA HARI IBU






Dilaporkan oleh Herry Kurniawan

Pada hari Sabat sore Tgl. 15 Desember 2007, setelah selesai acara di Gereja, yang kebetulan mengambil tema " Hari Ibu", Majelis Jemaat telah memutuskan untuk sekaligus mengadakan kunjungan kepada orang-orang tua Jemaat MT Haryono 2, yang telah lama tidak hadir di perbaktian. Dan telah diputuskan untuk pada Sabat sore menjelang tutup Sabat untuk berkunjung di rumah Oma Lie di daerah Gudang Peluru dan Oma Yorris di daerah Pulo Mas. Rombongan terbagi ke dalam dua kelompok besar. Kelompok pertama dipimpin olehPendeta JL Sahetapi berkunjung ke rumah Oma Lie.....( karena beliau sudah sering berkunjung ke rumah Oma Yorris.....dan karena beliau sama sama dariAmbon.....he....he....he.....), kelompok kedua dipimpin oleh Gembala JemaatPendeta Tjandra Paulus berkunjung di rumah Oma Yorris.

Kebetulan kami tergabung dengan kelompok yang kedua, maka kami ingin memberikan kesaksian kelompok ini selama mengadakan kunjungan di rumah Oma Yorris. Setibanya di rumah Oma Yorris, kami disambut oleh sdri Linda Tumewu yang selalu setia menemani Oma Yorris di kediamannya, karena kondisi keadaan Oma kita ini memang sudah tidak sesehat pada saat Beliau masih aktif berbakti di Gereja beberapa waktu yang lalu. Walaupun kondisi kesehatannya sudah menurun, terutama pendengarannya, namun beliau menolak untuk diberi alat bantu pendengaran......(karena beliau merasa masih bisa mendengar.....menurut sdri Linda). Namun pada hari Sabat ini beliau bener bener siap untuk menerima kami, karena memang sebelumnya sdr Ketua Nanang Liangilisan sudah memberitahukan perihal kunjungan kami ini.

Persiapan beliau ditunjukkan dengan trampilnya sang Oma kita ini membaca beberapa buah puisi sebelum Renungan dibawakan oleh Pdt Tjandra........dan Puisi tersebut adalah puisi tentang "KasihIbu" cocok sekali dengan maksud kunjungan kami yang bertepatan dengan hari Ibu.

Dengan penuh semangat sang Oma berdiri (walaupun kita semua menyarankan agar beliau tetap duduk aja) .......dan mulai berpuisi........(nggak kalah sih dengan pembaca puisi kebanggaan MT Haryono 2, ....sdri Agnes Tilaar......hanya beliau kalah dalam hal stamina.....he....he....he....), kami yang hadir di rumah beliau sangat terharu mendengar puisi tersebut.........hampir semua yang hadir tanpa terasa mengeluarkan air mata haru.....menyaksikan sendiri beliau yang walaupun sudah berusia lebih dari 83 th masih dikaruniai kemampuan untuk menghafalkan beberapa puisi yang sangat indah, dan ......suaaaangaaatpuaaaanjaaang........termasuk sisipan ayat-ayat Alkitab ada di dalamnya.......dipastikan kalau sdri Anna istri pak Johan hadir air matanya pasti meleleh deras.....he....he....he...(kesaksian Linda, beliau memang sangat mahir berpuisi, karena dulu sebagai guru sekolah Sabat Anak di Thamrin beliau selalu mengajarkannya dengan bentuk berpuisi agar anak anak selalu mengingatnya).

Ada kejadian yang lucu terjadi, setelah Oma kita ini membacakan beberapa puisinya, sdr Ricky lupa mengabadikannya di handycamnya, jadi dengan terpaksa kita mohon Oma kita untuk sekali lagi mengulang syair puisi puisinya............dan luar biasa........syair yang begitu panjang dapat dihafal dengan sangat baik ( rupanya sdrRicky mau test puisi Oma......rupanya beliau memang sudah sangat hafal dengan baik.....he.....he.....he.....)

Mau tahu salah satu puisinya...........yang lainnya akan ditayangkan pada acara tutup tahun di Gereja nanti.........inilah puisi dengan judul ............." KasihIbu "

- Tuhan Yesus memberi makan kepada orang beribu-ribu, sekarang saya mau katakan berapa besar kasihnya ibu
- Rut minta berulang-ulang untuk pergi memetik gandum, satu hari sembilan bulan ibu sudahlah mengandung
- Tuhan memanggil kita pulang menurut apa yang dia punya, genap dikandung sembilan bulan kami semua lahir di dunia
- Apa yang kami mau mencari, kami mesti rasalah, tinggal dukung berhari-haridengan tidak rasa lelah
- Itu semua minuman keras kepada kami seperti musuh, meskipun ibu bekerja keras, tak lupa ia memberi susu
- Kalau anak suka menangis, tinggal terbaring di tempat tidur, Ibu dengan suara yang manis, selalu menyanyi sebagai penghibur
- Musa sudah mendengar suara, didalam padang belantara, banyak susah dan sengsara, tapi ibu tetap piara
- Tuhan Yesus sudahlah bangkit, kubur dijaga oleh Malaikat, kalau kami dapatlah sakit, selamanya ibu duduk dekat
- Waktu saya membuat cerita, jangan ada yang membantah, Mata ibu ganti pelita, pangkunya juga mengganti bantal
- Israel mati beribu-ribu, lantaran mereka punyalah salah, kalau ingat kasihnya ibu, apa yang kami harus membalas
- Keju susu sepuluh buah, kau bawa pada penghulu seribu, kami mesti menghormati orang tua, terlebih sekali kepada ibu
- Sungguh kasih ibu sangat besar, yang pelihara kita ini, dari mula kecil sampai besar, sampai waktu sekarang ini
- Inilah ucapan syairku kiranya menjadi bahagian kita semua, terlebih kepada anak-anak semua yang sering kali suka lupa kasih ibu yang tercinta.

Acara ditutup dengan renungan sekaligus untuk menutup hari Sabat, dan doa Khusus yang dilayangkan untuk Bapak Herwan Sutjiamidjaja (suami dari Ibu Joyce Tumewu, kakak sdri Linda Tumewu , karena besok akan pergi berangkat menyusul keluarganya yang tinggal di Australia).

Renungan yang dibawakan oleh Pdt Tjandra........menganjurkan kepada kita yang masih muda, agar kita dapat mencontoh semangat dan kesetiaan dari Oma Yorris ini dalam setiap aktivitasnya. Acara ditutup dengan undangan makan malam di rumah sdr Hengky Sie, tak ketinggalan dengan menu istimewanya.......mangga matang pohon yang selalu menjadi trade mark dari keluarga ini. Sungguh sebuah perlawatan yang indah untuk dapat dikenang sepanjang masa........Terima kasih Tuhan karena kami sudah mendapatkan kesempatan untuk dapat menyaksikan sebuah "Demonstrasi ucapan penuh syukur yang luar biasa........dari Oma Yorris"




2 komentar:

Regency Kindergarten mengatakan...

Salam sejahtera, shalom. Saya ada kenangan terhadap Oma Yorris. walaupun tidak lama tapi saya sangat suka dengan masakan Oma. Ikan masakan Ambon. Saya ingin ketemu dengan Oma lagi. Apakah saya bisa tau alamat dia sekarang?
terima kasih, God bless.

Danny & Caroline

pengurus TK Regency

Edy Nurhan mengatakan...

Dear Danny dan Caroline,

Sekarang Oma sudah tidak lagi berada di tempat itu, karena rumah itu sudah di tempati oleh orang lain. Kalau mau tahu tempat barunya boleh hubungi saya di 8476583.

Edy Nurhan